September 27, 2012

MUST BE MORE CAREFUL...........

Hari Selasa malam, iseng kubuka akun fb-ku, baca postingan2 yang ada di Newsfeed. Mataku terpaku pada kata2 mutiara yang baru saja di-share oleh salah satu website. Kata2nya memang bagus tapi yang membuatku tertegun bukan itu. Ilustrasi gambar postingan itu adalah fotoku bersama salah seorang temanku yang lagi sama2 memamerkan buah leci. Sebenarnya foto itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan kata2 mutiara yang tertera di atasnya, sama sekali tidak nyambung dengan ilustrasinya. Yang aku heran, fotoku kenapa bisa ada di situ.
Foto itu kuaplud 4 tahun yang lalu. Apakah benar kalau kita me-like suatu web sama saja dengan memberikan kuasa penuh kepada web itu untuk secara bebas mengakses data2 kita, foto2 kita ataupun catatan2 kita untuk kemudian mereka publikasikan kembali? Bebas tanpa perlu minta izin kepada si empunya?
Hohoho....
Aku segera menghubungi temanku yang fotonya ikut nampang di situ. Membahasnya juga dengan dedeku dan temen2 deket SMA dalam group. Ternyata ada juga teman yang pernah mengalami hal yang sama.

Kita belum siap jadi tenar jadi ada rasa ga rela foto dipublikasikan begitu saja. Hahahaha............
Segera saja aku ikut komen di bawah komen2 yang lain. Komen2 yang ada juga kebanyakan bukannya membahas kata2 mutiara tetapi malah menebak-nebak buah apa yang kami bawa. Hadeeeuuuh.....
Komenku ga terlalu panjang: ‘Heraaaan.... Fotoku dan temanku kok bisa nongol di sini ya. Hadoooooh.....’

Habis itu kulihat tidak ada lagi komen2 yang masuk.
Keesokan pagi ketika ku-check lagi, postingan yang ada fotoku dan temanku sudah tidak ada lagi, kemungkinan sudah dihapus.

Sekarang aku yang belakangan sudah pelit aplud2 foto sepertinya bakal semakin pelit lagi mengaplud foto. Ga berani lagi aplud2 foto menyangkut privacy baik privacy-ku sendiri maupun orang lain.
Bahkan teman2ku ku pun mulai menghapusi personal message mereka coz ada indikasi ada yang pernah bocor dan muncul di wall. Whuuuuiiiih.... bahaya besaaaar.......... :D
Be more careful aja deh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar