Desember 17, 2013

BUDAYA MENGANTRE

Thursday, September 12, 2013

Antreee....
Mengantreee panjang....
Siapa coba yang suka dan mau.
Aku ga suka ngantree, tapi jika memang terpaksa harus ngantree, aku akan ikut mengantree. Dan tiap antree, aku paling ga suka tiap ada orang yang seenaknya aja menyerobot antrean. Terutama saat lagi di toilet. Deeeeuuuh....

Kapan saja ya aku pernah berpartisipasi dalam antrean panjang?
Hahaha... dulu waktu antree tiket mau nonton film ‘Ada Apa Dengan Cinta’.
Itu zaman aku masih kuliah. Di Yogya waktu itu bioskop cuma ada satu dan warga Klaten dan sekitarnya juga pada ikut nonton di Yogya coz di sana belum ada bioskop, jadi we terpaksa mengantree di antrean yang panjangnya kayak ular naga panjangnya. Berkelok-kelok tak ada ujungnya.
Acara nonton bioskop di Bandung juga pernah ngantre yang panjang. Waktu nuker poin Telkomsel di Ciwalk demi dapet tiket nonton gratis. Bujubune, antrinya juga ga nguatin.

Antre lain yang suka bikin jemuh nunggu, antri di bank, antri tiket kereta, antri periksa di RS, ama antri bayar di kasir waktu sale. Juga waktu antre kendaraan pas macet. Klo antre pas macet mah, tak ada toleransi, motor bisa lebih leluasa nyelip2 di antara mobil2 tanpa takut diomelin yang lain.

Karena tidak suka mengantre, maka jika ada option tidak perlu mengantre, aku akan pilih itu.
Tentu saja dalam hal ini harus pake strategi.
Beli tiket, aku sekarang lebih suka beli secara online. Selain bisa dilakukan kapan saja, di mana saja sesempetnya kita, menurutku akan lebih safe coz kita punya print out konfirmasi booking tiket. Itu bisa kita pake untuk ngurus saat tiket kita hilang. Aku lebih milih bayar ekstra 7.500 untuk bea administrasi daripada cape ngantre, belum ongkos bensin buat ke sana. Dan aku lebih memilih pesan tiket jauh2 hari. Termasuk dalam hal ini tiket travel. Meminimalizir resiko ga kebagian tiket. Apalagi sekarang tiket memang sudah bisa dipesan jauh2 hari. Dan biasanya pesan jauh2 hari jatuhnya suka lebih murah.

Transaksi di bank, aku sekarang lebih suka ke bank2 cabang yang aku sudah tahu benar di sana tidak perlu ngantree. Lebih jauh dikit gapapa, yang penting kita tidak mebuang-buang waktu untuk menunggu. Terkecuali untuk transaksi kantor, apa salahnya memanfaatkan koneksi. Nitip ama marketing bank yang memang rutin datang ke kantor. Hehehe.......
Males antre nonton di bioskop, sekarang aku lebih milih nonton lewat seminggu dua minggu masa premier. Kecuali ngebet banget pengin nonton kayak waktu nonton Breaking Dawn kemarin, antree gapapa deh.... :D
Antre servis motor. Hahaha... dalam hal ini aku yang ga bisa disiplin. Biar bisa masuk angkatan pertama yaitu 10 antrian pertama biar motor cepet dikerjain, aku harus datang sebelum pk.08.00. Ini sangat sulit buatku. Di hari minggu kan penginnya santai. Jadi we, ketika aku tahu motorku baru akan beres dikerjain pk.14.00 karena dapet antrian no banyak, kutinggal aja motor di tempat servis, akunya cuci mata ke Dept Store atau supermarket yang memang tidak jauh dari situ. Kebeneran di situ jual mie baso n nasi timbel yang rasanya lumayan enak. Klo ga, aku bawa tabletku. Ditinggal browsing2 lumayan ngabisin waktu.

Antre di RS. Untuk mensiasatinya, aku sekarang memilih mendaftar dulu pagi2 by phone. Dan aku lebih memilih periksa di sore hari. Kalau ga, menelepon paginya, aku menelepon 1 hari sebelumnya biar dicatat dulu. Udah menelepon duluan aja nunggunya masih suka lama, gimana yang ga nelepon dulu ya.

Males antre kasir di supermarket. Hehe, saat sale terutame jumbo sale Lebaran, aku sekarang lebih milih ga ikut berpartisisapi. Males macet di jalannya juga. Di sono juga terlalu over crowded juga membuatku tidak leluasa milih, malah jadi bete. Saat sale akhir tahun atau sale ulang tahun, aku lebih suka belanja malam. Saat malam, pembeli tidak sebanyak saat siang.

Pesan taxi. Aku ga mau gambling dalam hal ini. Ya, klo telp mendadak langsung dapet. Untuk meminimalizir resiko ga dapet taxi, aku selau pesan taxi jauh2 sebelum jam keberangkatanku. Untuk pemakaian pagi, aku order dari malam sebelumnya, untuk pemakaian sore atau malam, aku order sejak pagi atau siang. Dan biasanya taxi pesananku selalu datang tepat waktu.

Bagaimana dengan antre isi bensin. Yeeaaah... aku ga mau ikut terlibat dalam antrean panjang kendaraan jelang kenaikan BBM. Aku lebih milih belinya saat BBM sudah naik. Prinsip ekonomi ga berlaku dalam hal ini. Cape ngantri selain bikin cape ati juga bikin badan pegel2. Akhirnya bukannya lebih irit, malah jadi ada pengeluaran ekstra untuk beli nasi bebek pelipur lara dan beli zeropain buat ngilangin pegel2. Hehehehe....


Prinsipku dalam hal ini, klo bisa tidak ngantree, kenapa memaksa harus ngantree... ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar