Desember 17, 2013

Men-copy database e-SPT dari Windows 7

Saturday, December 7th, 2013

Hari ini benar2 dibikin pusing oleh sesuatu hal yang simple tapi berhubung ketidaktahuan kita, jadinya pusing deh.....
Sejak pukul 8 pagi berkutat dengan program e-SPT PPh Ps.21. Cuma berusaha mau men-copy database, tapi tidak berhasil nemu2 juga database-nya ada di mana.
Aku memang tidak bisa men-copy data base, gaptek banget. Belajar dari pengalamanku sebelumnya, akhirnya ketika Bapak konsultan minta fiile e-SPT, aku minta dari pihak konsultan yang datang untuk men-copy file sendiri. Mengingat pengalamanku dulu, waktu itu KPP minta dibawakan data base e-SPT PPh Ps.21. Kucopi aja langsung foldernya. Sampai KPP ternyata tidak bisa dibuka karena folder itu kosong. Hahahaha....
Database harus dicari di Program file dengan format mdb. Klo salah ya maaf.

Sehari sebelumnya dari pihak konsultan sudah datang men-copy file e-SPT. Setelah dibuka di sana, file yang dicopy file th.2010. Waaaah.... jangan2 salah copy ya. Aku ingat di CPU-ku ada 2 program e-SPT. Program e-SPT lama waktu aku masih pakai Windows XP dan e-SPT baru yang yang diinstall setelah aku beralih ke Windows 7. Harddisk dari CPU lama ikut dipasang di CPU baru, jadi kemungkinan besar memang ada 2 file e-SPT di komputerku.

Benar2 pusing, gimana cara men-copy file. Udah dicoba diutak-atik dengan bikin file rekayasa, saat dibuka, data yang kecopi tetap saja data th.2010. Sepertinya benar yang dicopi itu file lama. Bener2 mpe pegel menunggu tanpa ngapa2in. Sudah kutinggal fotocopi arsip, masih saja database belum berhasil dicopi. Aku ingat betul, sepertinya kejadian ini pernah terjadi. Waktu itu database sepertinya tersimpan di directory yang lain, tapi apa namanya aku lupa. Sudah dicoba searching program file tidak juga ditemukan.

Seperti biasa, jika sudah mentok, aku selalu mengandalkan advice dari mbah google. Akhirnya daripada bengong menunggu, kucoba browsing dan kutemukan pengalaman seseorang yang dia sampe berhari-hari berkutat dengan e-SPT saat mencoba memindahkan database dari Windows 7 ke Windows 8. Orang ini membutuhkan waktu mpe berhari-hari juga, berarti memang rumit pencarian database ini coz yang biasa bergelut dengan dunia perkomputeran pun butuh waktu lama untuk menemukannya. Temanku yang lagi mencoba men-copy database ini pun jago dalam komputer. File-ku yang hilang karena harddisk rusak pernah berhasil ditemukannya kembali. Ternyata dia pun cukup dibikin pusing karena tidak juga menemukan database yang dicarinya.

Kutunjukkan artikel hasil aku browsing ke temanku. Dipelajarinya dan tak berapa lama kemudian database berhasil ditemukannya. Ternyata Windows 7 memang beda. Database tersimpan di tempat tersembunyi yang tak biasa seperti Windows2 yang lain. Katanya berhasil nemu terinspirasi dari artikel hasil browsinganku. Hohoho.... thanks God, akhirnya rasa lelah yang tak berujung ini pun berakhir juga. Pukul 11.30 baru kelar semua.
Demi menjaga jangan sampai kejadian ini berulang lagi, temanku membuatkan shortcut, supaya jika suatu saat perlu mencopy database e-SPT lagi, lebih gampang mencari file-nya.
Location:DJP(C:\users\AppData\Local\VirtualStore\ProgramFiles

Dan artikel yang berhasil menolong kami adalah ini:
Ahmadpujianto.wordpress.com/tag/cara-backup-data-e-spt/
Dengan judul ‘Migrasi Data Aplikasi E-SPT Pajak untuk Windows 8’
Makasih mas Ahmad Pujianto, sharing pengalamannya sudah sangat membantu kami.

Itulah kenapa, aku suka menulis detail tentang pengalaman keseharianku atau pengalaman jalan2ku. Karena terkadang kita butuh info tentang hal2 kecil seperti suatu tempat buka dan tutup jam berapa, memasak zhukini perlu dikupas dulu atau ga. Hahahaha...... Ya, aku sering mendapat pertolongan dari sharing pengalaman mereka2 yang hobi menuliskan pengalamannya di media sosial seperti ini. Aku pun juga berharap, tulisan2ku bisa membantu mereka2 yang membutuhkan informasi dari pengalamanku.

Terimakasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar