Juli 10, 2011

JALAN – JALAN KE MUSEUM GEOLOGI

Friday, July 1, 2011

Hari minggu, 19 Juli 2011, akhirnya kesampaian juga aku exploring Museum Geologi Bandung setelah berkali-kali bikin plan bersama Tiut mau ke sana dan berkali-kali pula gagal. Aku ke sana ditemani Lia temanku SMA dulu yang sejak Sabtu siang berada di Bandung.

Berangkat dari kost pk.09.30. Setelah 30 menit perjalanan akhirnya sampai juga di Jl. Diponegoro No. 57, tempat museum Geologi berada.

Di hari Minggu museum ini buka pk.08.00 s.d. 13.00. Hari2 biasa buka pk.08.00 s.d. 15.00 kecuali hari Jumat dan hari libur nasional, museum tutup. Waktu aku tanya via telepon, masuk ke museum ini tidak dikenai biaya. Terkecuali untuk rombongan ada biaya tersendiri untuk pemutaran film.
Dan memang benar, sampai di sana kami hanya diminta mengisi buku tamu saja. Sama sekali tidak dipungut biaya. Waktu aku tanya ke mbak petugas, katanya kalau perseorangan pengin ikut nonton film boleh saja. Nebenk rombongan lain. Kita bisa tahu kapan saat pemutaran film dari pengumuman lewat microfon.

Benar2 sebuah kesalahan datang ke museum Geologi di hari minggu. Keadaan museum cukup crowded dipenuhi oleh rombongan anak sekolah yang rata2 SMP. Ya karena kebanyakan item2 yang dipamerkan di museum ini berhubungan dengan materi pelajaran SMP. Waktu itu sedang ada rombongan siswa SMP dari Purworejo – Jawa Tengah dan dari beberapa sekolah lain yang rata2 dari luar kota. Hohoho.... benar2 tidak nyaman untuk berfoto. Narsisnya jadi berkurang banyak dah...... ~_^

Lumayan menarik.
Dan tempat yang paling menarik adalah tempat bersemayamnya kerangka2 Dinosaurus dan sebangsanya. Hihihihi.... Juga batang2 kayu yang memfosil dengan sempurna sungguh membuatku n Lia tersepona.
Wuuuiiih...... keyen bangeeeed. Berapa ratus jutakah kalo dijual?

Aku jadi tahu seperti apakah bentuk emas, batu bara, minyak bumi yang belum diolah. Skema penyulingan minyak dilengkapi dengan hasil nyata penyulingan. Melihat berbagai macam batuan termasuk di dalamnya batu2 kristal dan kuarsa yang benar2 cantik, tekstur tanah, tekstur lautan. Pengetahuan detail tentang bencana alam, di antaranya gunung meletus, gempa bumi dan tsunami. Kesemuanya itu teorinya pernah kupelajari sewaktu SMP dulu.

Sungguh beruntung pelajar2 SMP yang berkesempatan mengunjungi museum ini. Selain mempelajari teori, mereka juga bisa melihat bentuk nyata dari materi yang mereka pelajari. Ooooh.... andai dulu aku juga memperoleh kesempatan yang sama.

Yeaah.... Tidak apa2 aku dulu belum bisa mengunjungi museum ini. Tapi nanti, jangan sampai anakku mengalami hal yang sama denganku. Akan kuperkenalkan kau pada fosil2 dinosaurus nak. Xixixixixi........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar