Mei 24, 2012

MENGHADAPI DEMAM BERDARAH



Ada beberapa temanku yang pernah sakit demam berdarah. Tapi baru kali ini ada teman yang tinggal satu rumah denganku yang terkena penyakit ini, tepatnya suami temanku.
Badannya demam bahkan kadangkala sampai menggigil kedinginan. Wajahnya merah, badannya lemah, kepala terasa berat. Kasihan melihatnya. Dari hasil tes darah diketahui trombositnya 116.000. Positif demam berdarah. Coz trombosit masih di atas 100.000 maka temanku ini oleh dokter tidak disarankan untuk rawat inap.

Temanku otomatis jadi perawat dadakan coz pasien memilih di rawat di rumah. Berusaha meningkatkan jumlah trombosit dengan rutin memberikan jus jambu biji.
Dari hasil browsing yang kusampaikan ke temanku, yang bisa meningkatkan trombosit darah itu jus jambu biji, jus bit dan sari kurma. Daya tahan tubuh harus ditingkatkan untuk memerangi virus DB yang memang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.
Makan harus 3 sampai 4 kali sehari. Harus banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang. Sama sekali tidak ada pantangan makan, jadi makan harus banyak supaya ada tenaga.

Dengar dari temanku, katanya di Melong Kaler – Bandung, ada orang yang bisa mengobati DB secara gratis. Dan ada salah satu temanku yang menyarankan untuk mengkonsumsi kiche yang bisa dibeli di Apotek Pandu di Jl. Sudirman – Bandung.

Karena temanku harus kerja sampai sore, akhirnya pk.18.40 dengan kuantar, kami pergi ke Jl. Melong Kaler No. 22. Setelah tanya 2x akhirnya sampailah kami di rumah No. 22. Ternyata sudah tutup. Hanya melayani s.d. pk.16.00.
Dan membaca ketentuan yang ditempel di pintu, sepertinya memang tidak memungkinkan bagi kami untuk mendapatkan obat malam itu juga.

Untuk pengambilan obat harus membawa fotocopy hasil tes darah hari itu juga. Jadi untuk pengambilan obat tgl 23 Mei, kami harus membawa hasil tes darah tgl 23 Mei. Sedangkan yang kami bawa saat itu hasil tes darah tgl 22. Tertulis, ‘Jika tidak memenuhi ketentuan, tidak akan dilayani’.
Pengambilan obat gratis dibatasi hanya pk.12.00 – 12.30. Ini berupa obat cair. Sedangkan untuk obat berbentuk kapsul dilayani pk.08.00 – 16.00. Klo obat bentuk kapsul kita harus beli, dengan harga 225 ribu untuk dewasa, anak 6-12 th 125 ribu, balita 75 ribu (untuk 4 minggu). Hari minggu dan hari libur tutup.

Yang namanya berusaha, meskipun kami tahu kami tidak memenuhi ketentuan, akhirnya dipencetlah bel. Yang membukakan pintu sepertinya pembantu rumah itu. Mbak yang baik ini mengatakan klo memang haisl tes darah harus hasil tes darah hari itu juga coz jumlah trombosit akan naik turun tiap harinya. Jadi supaya pengobatannya maksimal. Katanya obat lebih efektif yang cair. Obat berbentuk kapsul diperuntukkan bagi mereka yang tidak tahan dengan bau obat cair.
Untuk mengambil obat gratis, mbak ini menyarankan supaya kami datang lagi dengan hasil tes darah baru pk.11.00 karena akan ada banyak yang mengantree.
Deeeuuuh. Mikir juga. Si sakit harus pergi tes lab lagi. Mana hasil tes lab harus cepat keluar.
Ya sudah, karena kemudian hujan turun, kami memutuskan untuk pulang. Sampai rumah temanku baru kepikiran kenapa tidak mencoba membeli obat ke Apotek Pandu.

Dengan bantuan 022-108, akhirnya aku mendaptkan no Apotek Pandu. Waktu kutanya, katanya apotek tutup pk.19.30. Sedangkan ketika aku menelepon pk.19.10. Kata mbak yang mengangkat telp-ku, kiche bukan untuk DB. Yang bisa meningkatkan trombosit itu angkak.
Temanku akhirnya memutuskan untuk mencoba ke Apotek Pandu. Berangkat pk.19.15. Berharap semoga masih keburu. Kami sengaja naik motor melewati gang2 untuk menghindari kemacetan. Malam2 coz papan nama ga kelihatan, ternyata Apotek sudah kelewat. Coz mengejar waktu dan kondisi jalan yang searah, akhirnya diputuskan parkir di situ aja, kebetulan ada tukang parkir yang hobi ngobrol di situ.... :D.
Dengan jalan cepat, kami berjalan menuju ke Apotek yang ternyata cukup jauh terlewat.
Dan syukurlah kami masih bisa dilayani.
Dan kami disarankan Obat Cina 'Fu fang ejiao jiang' untuk melawan virus DB yang sekarang2 ini lagi banyak yang mencari seharga 85 ribu, dikombinasi dengan 'Colostrum' 600 mg seharga 155 ribu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 'Fu fang ejiao jiang' diminum 3x sehari setelah makan, sedangkan 'Colostrum' yang berupa tablet kunyah, dimakan 2x2 sebelum makan. Dan untuk membantu meningkatkan trombosit, sekalian beli teh angkak yang diminum 3x sehari seharga 15 ribu.

Legaaaaa. Obat sudah terbeli.
Cepat sembuh ya Ebol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar