Oktober 01, 2012

CAPENYA JADI IBU RUMAH TANGGA


Emang aku benar2 sudah jadi ibu rumah tangga?

Belum kok. Hehehehe....

Cuma sebulan belakangan ini aku mau ga mau harus ngrasain capenya jadi ibu rumah tangga tanpa pembantu di rumah. Baru hari Minggu kemarin aku baru merasa lebih rilex di rumah.



Sejak pindah awal bulan September kemarin, aku memang belum benar2 merasa santai. Rasanya begitu panjang list yang semuanya harus kuselesaikan. Begitu terasa saat menjelang tidur dan bangun tidur. Badan pegel semua.



Mulai dari packing, pindahan, bersih2 mpe bongkar2 menata rumah juga bolak-balik ke sana ke sini beli barang2 dan perlengkapan yang urgent harus ada. Aku sangat beruntung ada 2 asisten yang secara khusus datang dari Jogja dan 1 asisten yang datang dari Jakarta. Terimakasih semuanya. Aku merasa sangat terbantu. Mpe ada yang harus mengorbankan salah satu jari kakinya jadi bengkak hitam biru2 kejatuhan pintu lemari. Pasti sakit banget ya....

Sabaaaar...........



Kemudian lanjut persiapan pemberkatan rumah seminggu kemudian. Ga mungkin kan pemberkatan rumah dalam kondisi super berantakan. Jadinya sedikit menata rumah untuk sedikit mempercantik rumah.



Kemudian lanjut ketika di rumah kembali ada tukang yang beres2 rumah. Pasang torn air dan filter coz kondisi air yang kurang layak untuk cuci-cuci saban hari. Buarpun sudah di-filter air masih tetap belum layak untuk dimasak dan diminum. So buat masak sehari-hari mengandalkan tukang jualan air keliling dan buat minum beli air mineral galon.

Lumayan boros.....



Minggu kedua di bulan September tukang2 lanjut beberes depan rumah yang memang belum sepenuhnya dibereskan. Sudah 3 minggu ini aktivitasku tiap pagi dan sore, masak seadanya buat babe yang ada di rumah sekalian buat tukang yang kerja. Rasanya tidak tega tidak menyiapkan makan buat mereka meskipun sebenarnya ongkos harian yang diberikan sudah termasuk uang makan. Mereka sudah cape2 kerja masih harus pergi yang lumayan jauh untuk mencari makan. Hasil kerja mereka bagus dan rapi. Bahkan kadang2 mpe dilembur sampai lewat jam 6 sore. Rasanya rela2 saja mengeluarkan sedikit lebih supaya mereka bisa ikut makan bareng. Klo mereka jadi sakit karena telat makan kan kita juga nti yang bakal repot.



Dan jadilah aku sudah harus menyiapkan cukup banyak bahan makanan untuk beberapa hari supaya tidak bolak-balik belanja. Akhirnya tiap pulang kantor yang aku beruntung dalam 3 minggu ini bisa pulang cepat, sambil pulang aku membawa banyak tas belanjaan yang isinya beras, sayur2an, cemilan, dll mpe penuh cantelan motor. Inilah kenapa aku yang sama sekali tadinya ga tertarik pengin punya motor matic sekarang jadi pengin punya coz depannya bisa muat belanjaaan banyak. Maklum Ibu2 PKK. :D

Pengin punya? Musti nabung dulu yak.... hahahahaha.....



Aku memasak seadanya sebisaku. Masak sayur satu macam dan kadang2 klo sempet bikin lauk sekalian, kalau ga sempet ya nanti lauknya cukup kerupuk saja. Masak nasi lebih sering dilakukan babe coz babeku rajin banget, bangun selalu lebih dulu dariku hingga ketika aku bangun nasi sudah matang. Akunya jadi anak sungguh keterlaluan ya.... :D

Thanks Babe.... ^_^



Beruntung bayam raksasa di belakang rumah tumbuh subur banget. Saat benar2 bingung ga ada ide mo masak apa coz stock sayuran di kulkas sudah menipis tinggal buat besok pagi, akhirnya kupetik saja setengah ember untuk dibikin klo ga tumis bayam sosis ya sayur bening bayam.

Doyan ga doyan ya harus dimakan.



Klo sore coz waktu yang mendesak, jam 17.30 sore makanan sudah harus siap, aku lebih memilih memasak makanan yang bisa dimasak cepat. Klo ga bikin mie goreng, nasi goreng ya beli ayam goreng crispy nti tinggal bikinin oseng bayam buat sayurnya.

Dan untunglah masakanku selalu habis. Mungkin coz ga ada yang lain ya. Hehehehe.....



Tiap hari cucian piring menumpuk banyak. Belum rumah yang sangat banyak debu so tiap hari harus di-lap2 dan disapu. Ngepelnya ntar2 aja deh.... :D

Masih harus mencuci dan menyetrika. Baju sendiri sih. Klo disuruh melondre baju, dari dulu aku memang sangat pelit klo suruh melondre. Rasanya buang2 duit. Ntar aja klo dirasa duit udah nyisa banyak tiap bulan.... :D



Dan kenapa aku mau repot2 menenteng belanjaan jauh2 dari deket kantor. Beli sayuran ke tempat yang dulu waktu aku masih kost kubilang sayuran di sana harganya mahal. Itu karena di tempatku sekarang harga sayur jauh lebih mahal dan kurang segar. Aku lebih merelakan sedikit repot beli sayur di tempat yang lebih jauh dengan mendapatkan sayur yang segar2 dan lebih murah.

Apa2 mahal bo. Ternyata di tempat yang baru pun masih harus mempraktekkan hitung-menghitung.



Baru kerasa. Ternyata jadi ibu rumah tangga yang kerja kantoran tanpa menggunakan jasa pembantu di rumah itu cape juga ya.

Wah. Hebat ya ibuku dan ibu2 rumah tangga yang lain yang ga menggunakan jasa pembantu tapi semua bisa kehandle. salut banget dengan mereka. Ibuku mpe bertahun-tahun kerja merangkap ibu rumah tangga semuanya dikerjakan sendiri. Ga kebayang capenya kayak apa. Udah gitu aku dulu suka malas bantuin.

Maaf ya Bu.



Klo pegel tinggal datang ke tempat refleksi aja, jauh lebih irit daripada menggaji pembantu. Tinggal sendiri ditemani pembantu rasanya keterlaluan juga.

Udah gedhe harus bisa ngapa2in sendiri.

Semangat!!!! Aku pasti bisa..... ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar