Oktober 06, 2012

NGOBROL NGALOR NGIDUL

Aku kadang suka ngobrol tapi kadang juga ga pengin ikut ngobrol. Tergantung suasana dan kesibukanku. Tapi ga tau kenapa belakangan ini jadi males banget ngobrol lama ma orang, chat lama ato dengerin orang ngobrol lama biarpun aku cuma jadi pendengar saja ga ikut terlibat pembicaraan.
Ya, semua tergantung situasi dan kondisi. Klo mood lagi ga bagus, satu angkot ma ABG2 cerewet yang ngobrol dengan suara kenceng dengan bahasa setempat yang ga kumengerti dicampur bahasa2 alay. Hadoooh... rasanya pengin cepet2 nyampe.

Di kereta duduk bersebelahan ma orang yang doyan ngobrol, klo topik pembicaraan menarik buat kedua belah pihak dan dua2nya dalam kondisi fit tidak kecapean ato tidak ngantuk, bakal fine2 aja ngobrol mpe subuh. Lha beberapa waktu yang lalu, aku duduk bersebelahan dengan mahasiswa cowok asal Jakarta yang baru saja liburan ke Yogya. Buat basa-basi aku tanya dengan pertanyaan standar,’Turun di mana?’
Ternyata sebuah kesalahan membuka percakapan.
Dia hobi banget ngobrol. Meskipun tahu kondisiku yang terlihat sangat pucat dan lemas coz dua hari diare air yang ga brenti2, aku yang sejak awal pengin langsung tidur saja di kereta supaya diareku tidak kambuh lagi terpaksa harus jadi pendengar yang baik buatnya. Aku mendengarkan sambil tiduran. Sesekali kutimpali pembicaraannya klo aku mau. Mulai dari ngomongin daerah2 mistis di Jogja-Jawa Tengah- Jawa Timur, temen kuliahnya yang suka pakai susuk, cafe2 artis di Jakarta yang sering ditongkronginnya mpe cerita2 tentang salah satu girlband yang lagi tenar yang ternyata dia merupakan penggemar beratnya. Mpe apal semua kebiasaan masing2 personilnya, mpe dibela-belain bolos kuliah demi bisa menyaksikan pertunjukannya di BSM Bandung. Hadeeeeuuuuh...... ayak2 ae....

Juga baru saja aku ketemu orang yang baru sekali ketemu sudah mengajak ngobrol panjang lebar, bahkan menanyakan agamaku apa. Buatku masalah agama itu masalah hak asasi tiap orang, kenapa juga musti nanya2. Udah gitu masih nanya2 lagi panjang lebar yang akhirnya ku stop saja coz kesibukanku masih banyak.

Obrolan itu kan menyangkut dua belah pihak bukan cuma satu pihak saja. Harusnya pembicara peka yang diajak ngobrol menikmati pembicaraan ga. Klo lawan bicara sudah terlihat tidak sabar, bentar2 melihat jam atau mata melihat ke mana dan terlihat tidak antusias, harusnya tahu sinyal2 bahwa pembicaraan harus diakhiri.

Ya, dari mengobrol pun kita bisa tahu kita cocok ga dengan orang yang kita ajak ngobrol. Aku biasanya betah ngobrol lama klo udah menyangkut travelling, dunia mistis, sharing pengalaman, ngebodor, kulineran atau gosip of the day. Tapi jadi udah bete klo mulai ngomongin yang jelek2 tentang orang lain ataupun topik terlalu serius yang aku ga ngerti.
Juga klo udah ketemu marketing yang lagi nawarin produk yang aku sama sekali ga berminat. Hadeeeuuuh... klo bisa ngacir aku bakal ngacir dah.

Ya, ngobrol pun ada batasan2nya. Musti ingat waktu dan tempat. Musti bisa mengontrol mana yang boleh diomongin mana yang tidak. Jangan sampai nantinya bakal jadi fitnah.
Tapi memang lebih mengalir mengobrol dengan teman seperjalanan yang sama sekali baru kita kenal. Klo chemistry dapet, bisa ngobrol mpe berjam-jam tanpa beban coz banyak sekali topik yang bisa saling kita share, ga perlu khawatir kita pernah mengatakan hal yang sama dengannya.

Tapi dari pengalaman banyak ngobrol dengan orang, aku jadi bisa tahu mana orang yang benar2 smart, mana yang omdo ato bisanya cuma omong doang. Orang yang omongannya gedhe suka membangga-banggakan keahliannya biasanya malah ga bisa apa2. Pas apes dapet teknisi yang kaya gini biasanya alamat yang rusak, rusaknya bakal ga sembuh2. Ngobrol dengan orang yang banyak memamerkan kekayaannya, biasanya dia malah ga memiliki apa yang diomongkannya. Pengin punya tapi ga punya2. Ngobrol dengan orang yang pamer2 bulan depan bakal beli ini, bakal beli itu, bakal liburan ke luar negeri, dst, kebanyakan malah yang diomonginnya ga kesampean.
Sedangkan orang yang bener2 ngerti biasanya ga banyak cakap, menerangkan garis besar terus langsung kerja. Hasil kerjanya yang akan membuktikan ke-smart-annya.
Orang yang benar2 kaya biasanya malah ga suka pamer2. Tanpa perlu mengatakan bahwa dia berada, kita sudah bisa melihatnya dari penampilannya biarpun kadang2 penampilan itu menipu.
Orang yang punya plan matang, biasanya tidak akan menggembar-nggemborkan rencananya sampe benar2 terealisasi ato mendekati realisasi. Biar orang lain tahu dengan sendirinya. Kalau ditanya baru diomongin. Malu kan klo banyak yang sudah pada tahu ternyata ga jadi.

Ya, ngobrolnya jangan banyak2 dulu ya, ingat makalah belum beres. Juga nulis di blognya jangan sering2 dulu ya, ingat makalah belum beres diketik. Sudah ada yang protes.... ;p
Yeeeahhh ga tau. Kenapa nulis di blog ide2 mengalir sangat lancar sedangkan di makalah malah kayak ada yang menyumbat. Jadi we daripada sama sekali ga ngetik, mending ngetik buat di blog dulu. Hahahaha.....   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar