Mei 08, 2013

KANAN ATAU KIRI?


Ke kanan atau ke kiri, belok kanan, atau belok kiri, hadap kanan atau hadap kiri. Hanya menghafal kanan dan kiri saja tapi itu buatku sulitnya bukan main. Buatku lebih gampang menyebut barat-timur, utara-selatan. Antara mengingat 2 hal dengan 4 hal kenapa lebih gampang mengingat 4 hal ya. Klo di area sekitar rumah di Yogya ga masalah, tapi klo udah keluar daerah apalagi di Bandung, interpretasiku mana yang barat, mana yang timur, mana yang utara, mana yang selatan dengan orang lain itu tidak sama. Kayak di kantor saja aku bilang kantor menghadap ke utara padahal yang sebenarnya menghadap ke timur.

Terbiasa dari kecil ga pernah menggunakan kanan dan kiri, tetapi lor-kidul, kulon-weton, membuatku membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan mana yang kanan, mana yang kiri. Klo udah bingung, nanya jalan, orang yang ditanyain jawabnya nyebut kanan-kiri, belok kanan, ke kanan lagi kemudian perempatan ke kiri. Aku mengangguk-angguk kayak ngerti padahal aku tambah bingung. Ya udah jalan terus lagi nti di depan nanya lagi. Hahahaha... repot.
So... klo udah gini aku suka minta dibuatkan peta oleh temanku. Aku tinggal mengikuti anak panah yang dibuatnya.
Zaman udah canggih pake GPS gini, masih pake peta ya... Haha.... maklum, naek motor susah musti ngeluar-ngeluarin hp.

Dulu waktu PPLB mau masuk SMA - semacam ospek, dilatih baris berbaris selama seminggu, jam pulang sekolah mpe jam 6 sore; mau ga mau aku harus berjuang keras mengingat-ingat mana yang kanan, mana yang kiri. Caranya? Aku ingat2 tangan yang buat makan itu yang kanan. So. Tangan kanan kugenggam kuat2. Yang kugenggam kuat2 itu tangan kanan.
Alhasil waktu diuji baris-berbaris dengan mata ditutup pake slayer, tangan kananku terus menggenggam kuat2. Hadap kanan grak! Hadap kiri grak! Balik kanan grak. Balik kiri grak! Eh ga ada balik kiri dink. Hadap kanan garak! Hadap kanan grak! Hadap kiri grak!. Yang bener yang sekarang menghadap ke selatan. Yieeeey.... aku bener. Temen2ku yang biasanya jago membedakan kanan dan kiri malah banyak yang salah. Atau biasanya mereka Cuma ngikutin yang lain ya. Yang lain menghadap ke mana diikutin. Hahahaha....

Dan ternyata, bukan Cuma aku saja yang bingung membedakan kanan dan kiri. Temen2ku yang asal dari Yogya cukup banyak yang mengalami dilema seperti ini. Ya, semuanya terbiasa ngalor-ngidul, ngulon-ngetan. Hahahaha....

Terus gimana caranya klo memandu atau dipandu arah saat berkendara. Ya sambil bilang kanan atau kiri, tangan sambil nunjuk. Klo aku yang mandu yang diikutin arah telunjukku ya, bisi ga sama aku nunjuk ke kanan tapi bilang ke kiri. Hahahaha... rempong ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar