Juni 08, 2013

TIDUR NYENYAK

-->
Banyak orang bisa membeli barang mewah atau makanan enak, tapi tidak seorang pun yang bisa membeli tidur nyenyak. Bersyukurlah kalau tadi malam tidurmu nyenyak karena itu adalah anugrah yang sangat besar dari Tuhan yang menyayangimu dan hari ini siap berkarya dengan penuh semangat. (from Made Olan Santosa).

Hehe benar. Bisa tidur nyenyak itu merupakan harapan tiap orang. Meskipun kita tidur cuma tiga jam empat jam, jika kualitas tidur kita baik itu sudah cukup. Berbeda jika kita tidur delapan jam, tapi tidur dalam gelisah, sebentar2 terbangun oleh mimpi buruk, saat bangun bukannya jadi segar tapi malah badan berasa tidak enak.

Itu yang kualami beberapa tahun yang lalu. Tidur tak nyenyak bahkan cenderung tidak bisa tidur. Sebentar2 terbangun karena sesuatu hal yang aku sendiri juga ga tahu apa itu. Ya, mungkin karena beban pikiran, rasa khawatir yang berlebihan. Sampai2 waktu itu aku mencoba minum obat tidur biar bisa tidur nyenyak tetapi malah berakibat mimpi yang sangat buruk. Habis itu aku belum coba2 lagi minum obat tidur.

Sempat juga waktu itu kepikiran pengin hypnotherapy. Pengin menghapus ingatan akan hal2 yang membebaniku. Tapi aku tidak tahu harus ke mana dan tidak berusaha untuk mencari tahu.

Tahun demi tahun berlalu. Beban pikiranku mulai berkurang satu demi satu. Dan sekarang aku tahu, aku sudah bisa tidur nyenyak lagi meskipun aku tahu jam tidurku masih kurang, masih belum memenuhi standar kesehatan. Tidur yang baik itu selama 8 jam mulai dari pk.10.00 s.d. pk.05.00. Sedangkan aku baru bisa merem setelah lewat jam 12 malam yang berakibat akhirnya bangun siang. Ya, di jam2 subuh aku baru bisa tidur nyenyak dan pagi2 saat aku seharusnya sudah bangun, aku malah merasa itulah saat yang paling nyaman untuk tidur. Aku ga tahu kenapa, mungkin karena aku tahu hari sudah mulai siang jadi tidak ada yang perlu kukhawatirkan. Aku tidak perlu takut ada hantu2 yang akan menggangguku karena waktu mereka untuk berkeliaran sudah habis, aku tidak perlu takut kalau2 ada orang yang berniat tidak baik yang suka memilih waktu beraksi di malam hari. Hahaha... kekhawatiran yang berlebihan. 

Kadang2 merasa iri dengan anak2 kecil atau ponakanku yang bisa tidur dengan begitu nyenyaknya. Pengin seperti mereka. Ya, mereka bisa tidur dengan nyenyak karena memang belum ada hal2 yang membebani pikiran mereka. Mereka bisa tidur dengan nyenyak karena mereka tidak perlu merasa khawatir akan keselamatannya karena mereka aman berada dalam pengawasan dan perlindungan orangtuanya.

Ya, aku tahu sebenarnya aku pun bisa seperti mereka. Tidak ada yang perlu kukhawatirkan karena aku tahu ada Bapa yang selalu menjaga dan melindungiku 24 jam penuh tiap harinya. Yang selalu memenuhi kebutuhan2ku, yang selalu siap mengulurkan tangan-Nya untukku.

Tapi terkadang biarpun sudah kupasrahkan semua kepada-Nya, kekhawatiran itu selalu saja masih ada. Itu yang membuatku terkadang tidak bisa tidur nyenyak.

Tuhan bantulah aku untuk melepaskan diri dari kekhawatiran2ku, setidaknya di malam hari saat aku mulai beranjak tidur, supaya sejenak aku bisa melepaskan diri dari rasa penat, dari hal2 yang membebaniku.
Jagalah tidurku malam ini Tuhan agar aku bisa tidur nyenyak. Dan izinkan esok hari agar aku bisa bangun kembali dengan segar dan memiliki semangat baru untuk beraktivitas kembali dan lebih siap menghadapi apa pun yang harus kuhadapi.
Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar