Juni 28, 2012

FAKTOR ‘U’

Lebih dari 9 tahun yang lalu masih semangat jika ada yang mengajak nonton konser, mpe setahun dua tahun pertama masih suka kesel jika dipamerin temen2 di Yogya yang lagi pada nonton konser. Sekarang?
Lihat penonton pada berjubel gitu, belum resiko jatuh didorong-dorong n keinjek.
Deeuuh... mending di rumah aja, nonton siaran ulang di tivi. Bisa sambil makan cemilan, bisa sambil ngrumpi. Hehehehe...

Beberapa tahun yang lalu masih semangat klo suruh pake high heel. High heel-ku juga ada batasnya max tinggi 5-7 cm. Seharian bantuin dosen ngawas ujian juga aku masih sanggup. Sekarang?
Ga mau ambil resiko cape musti ngurut kaki, sekarang lebih enjoy pake flat shoes ato sendal jepit. Pake sepatu ato sandal berhak cuma pas ada undangan resmi ato pas ada acara di kantor. Klo lagi ada seminar seharian di kantor pun, aku lebih memilih pake flat shoes. Klo ga kaki bakal super duper pegel, musti bolak-balik naik-turun tangga ato jalan dari ujung ke ujung bantuin motret.

Sekitar 3 – 9 tahun yang lalu, masih rajin ngublex-ublex ITC, Yogya Kepatihan, Kings, Pasar kota kembang, Pasar Baru, mpe apal klo musti nyari barang apa di lorong sebelah mana. Kaki benar2 betah diajak muter seharian. Sekarang?
Mungkin sudah sekitar 3 tahun ini aku belum lagi masuk ke ITC Kebon Kelapa. Benar2 ga ada keinginan untuk ke sana. Ke Kepatihan sekali2 masih untuk belanja bulanan ato janjian ketemuan ama teman di sana coz tempatnya paling gampang dijangkau. Klo untuk belanja bulanan, sekarang aku lebih suka belanja di supermarket dekat kantor. Ga usah susah2 cari tempat parkir n mengurangi resiko belanja bakal melebihi budget coz di supermarket dekat kantor tidak menjual produk fashion n accecories.

Dulu masih suka ke Gramedia ato cari info pameran2 buku mpe menciptakan tumpukan buku2 yang aku ga tau kapan bakal kubuka segelnya. Sekarang?
Sekarang bukannya ga pengin pergi, aku takut bakal banyak kepengin. Aku lagi harus berhemat. Setidaknya aku sekarang sudah bisa meminimalizir pengeluaranku untuk buku. Berlangganan majalah Intisari bulanan itu sudah cukup menambah ilmuku biarpun aku suka ga sempat baca juga. Beli buku cuma klo pas ada diskon gedhe itu pun untuk buku yang aku benar2 sangat pengin. Akhirnya kesampean juga aku membeli 3 edisi bukunya Trinity ‘The Naked Traveller’. Itu pun karena dapet diskon 30%. Hehehe.....

Dulu ma temen2 masih suka pada jajan di cafe n nonton di 21 or XXI. Sekarang?
Ke cafe yang dulu pernah dijadwalkan sebulan 1x, sekarang belum tentu setahun 2x ke cafe. Ke cafe juga klo kebeneran ada yang lagi ultah. Ditraktir bo. Menyempatkan jajan ma temen2 cuma sesekali pas pada pengin ngumpul ngobrol, klo ga pas ada temen dari luar kota datang pasti penginnya makan di tempat yang di kota asalnya ga ada.
Nonton pun belakangan sangat jarang. Ini sudah menginjak bulan ke-6 di tahun ini, aku baru nonton beberapa film aja. Sebelum nonton pun browsing dulu nee film recommended ga. Jadilah mpe bulan Juni ini aku baru 3x nonton di bioskop. Sekarang dah ga update film lagi n adrenalin  untuk nonton sudah tidak segedhe dulu lagi.

Dulu ma temen2 sering karaokean klo ga ke NAV ya ke Inul Vista. Mpe ada yang bikin arisan karaoke. Tapi untuk arisan ini aku ga ikutan coz aku sedang dalam masa penghematan. Karaokean juga cuma klo pas lagi ada yang ultah. Klo ga ya patungan rame2.
Sekarang?
Frekuensi karaoke sekarang sudah sangat jarang. Cuma belakangan ini kerinduan untuk berkaraoke lagi muncul lagi. Jadi we lagi bikin plan untuk karaokean bareng temen2 kantor n juga ma temen2 maen. Ini adalah hiburan yang benar2 menghibur untuk saat ini. Segala kepenatan seperti ikut keluar bersama nyanyian kita yang biasanya ga karu2an memilih lagu. Bahkan lagu dari genre yang biasanya ga mau kita denger pun kita nyanyikan. Itu yang bener2 bisa bikin kita merasa fun. Hahahaha..... 

Dulu zaman masih kuliah masih sempet pake kosmetik lengkap mulai dari susu pembersih, penyegar, pelembab, bedak tabur n bedak padat two way cake. Pake hand body lotion juga yang merk-nya lumayan bagus. Sekarang?
Tidak tahu kenapa setelah punya penghasilan sendiri malah terjadi penurunan.
Merk yang dipake ya yang sesuai untuk daerah tropis, dengan alasan klo ada yang tanya, ‘Kata dokter untuk wanita Indonesia lebih cocok pakai yang itu’. Hahaha....
Pake susu pembersih n penyegar juga sekarang sangat jarang, cuma klo habis bepergian jauh aja. Cukup pake bedak tabur aja tanpa tetek bengek macem2. Cuma klo untuk bedak n lipstik, buatku itu masalah sensitif mengingat kulitku sangat sensitif jadi setelah aku merasa cocok dengan salah satu produk, aku ga berani pake lain produk.

Dulu dari tahun 1 mpe tahun ke-5 kost, masih rajin belanja ke pasar, masak rame2, dimakan rame2. Patungan. Sekarang?
Sekarang lebih banyak jajan di luar. Kalau pun pada masak, biasanya coz isi kantong sudah sangat menipis. Menu anak kost, klo ga indomie goreng, indomie rasa soto ya dadar telur. Mau dapet gizi dari mana coba.
Kadang2 aku sudah semangat belanja, mpe seminggu lebih bahan ga juga dimasak dan ga ada yang mau masakin. Akibatnya semakin menambah koleksi yang busuk2 di kulkas.
Sayang banget kan.....

Dulu semangat banget bikin acara jalan2. Sekarang?
Terakhir jalan2 ma anak2 tahun kemarin waktu ke Maribaya. Plan ke Green Canyon, Kuningan, Garut mpe sekarang ga kesampean2 juga. Kapan ya bisa jalan2 rame2 lagi.
Sekarang semuanya sudah pada sibuk. Jam 18.30 – 19.00 baru pada mpe kost. Semakin sedikit waktu ngumpul bareng.

Dulu masih semangat empat lima begadang mpe pagi. Tidur 4-5 jam sudah cukup. Sejak zaman masih kuliah aku terbiasa baru bisa tidur setelah lewat jam 12 malam. Klo ga ngerjain tugas, nonton dvd korea, ngrumpi, maen kartu, baca novel ato nonton bola. Setelah kost di Bandung ada hobi baru nyetrika mpe tengah malem sambil online hehehe... Sekarang?
Di kost ku pun jam 10 sekarang kebanyakan sudah pada masuk kamar. Tinggal si kenyung n Diba yang masih mahasiswa yang ga bisa tidur sore. Masih giat nonton dvd korea n dengerin nightmare di radio. Kadang2 aja aku ikut nemeni melek mpe malem. Tapi sekarang klo sudah lewat jam 12 malam aku belum tidur, kepala suka pusing. Online malam di komputer juga sudah ga pernah lagi coz sudah bosan siang seharian sudah berhadapan terus dengan layar monitor. Kalaupun online juga paling di hp itu pun cuma bentar. Jam 10 sudah sangat mengantuk. Ya, memang harus mulai merobah pola tidur klo mau tetep sehat.

Ya, semua ini karena faktor “U”.
UMUR sudah semakin bertambah bukannya menambah tenaga malah mengurangi tenaga. Lebih gampang cape n lebih gampang sakit.
Juga UANG. Semakin lama mencari penghasilan sendiri bukannya semakin terpenuhinya kebutuhan tapi malah harus semakin berhemat. Kebutuhan semakin meningkat dan kompleks. Yang tadinya pake kaos oblong sudah cukup, sekarang sudah pengin tampil chic dengan dress. Ya, manusia tidak akan pernah merasa cukup. Asal jangan lupa untuk bersyukur, tetap ingat yang di atas, yang di bawah dan yang di sekeliling kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar