Februari 15, 2012

TEKNOLOGI YANG BERUBAH BEGITU CEPAT


Waktu berjalan begitu cepat, bahkan akhir2 ini aku merasa berjalannya waktu terlampau cepat. Rasanya baru beberapa jam yang lalu aku harus bangun, mandi n bergegas ke kantor, tak terasa pagi ini aku sudah harus kembali bangun, mandi dan kembali ke kantor. Waktuku sebagian besar habis di kantor. Kost hanya menjadi tempat numpang tidur saja. Rasa bosan, jenuh, sudah kembali menghampiriku. Really need long vacation. Hohoho..... #ngarep sangadh.

Begitu pun teknologi. Rasanya baru kemarin aku membeli tabloid ‘Pulsa’ yang belum juga khatam kubaca ternyata semua hp yang diulas di situ sekarang sudah layak dimuseumkan. Dunia mobile phone sekarang sudah dikuasai oleh smartphone - android, iphone dan blackberry. Bahkan android sekarang sudah sampai pada android 4.0 -  ice cream sandwich sedangkan android versi 2.3 (gingerbread)nya pun aku belum kesampean meng-explore-nya.

HP touchscreen sekarang sudah bukan barang kalangan atas lagi. Hp yang murah pun sekarang2 ini sudah banyak yang touchscreen. Tahun kemarin aku masih berjuang keras untuk bisa menaklukkan si touchscreen coz kesulitan dengan jari2ku yang mungkin perlu dilangsingkan.... :D. Akhirnya baru bisa benar2 menguasai setelah 2 minggu, itu pun belum 100% menguasai. Bahkan ayahku pun yang biasanya tidak tertarik dengan teknologi smartphone pun sekarang ini ingin ikut menjelajahi dunia maya untuk mengisi waktu luangnya di masa pensiunnya. Dan sekarang sudah menjadi warga baru komunitas pengguna smartphone. 
'Welcome to the club be... " *be=babe

Online dengan handphone sekarang terasa jauh lebih menyenangkan dan tidak ribet. Bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun kita butuh. Tidak perlu susah2 menenteng netbook yang boleh dibilang masih lumayan berat. Sambil berbaring sebelum tidur dan saat bangun tidur buat memaksa mata untuk melek pun dengan gampang bisa dilakukan. Dunia benar2 dalam genggaman kita. Tapi tentu saja dengan catatan pulsa mencukupi dan jaringan bagus. Gangguan sinyal bukannya bikin kita yang butuh refreshing jadi fresh malah bakal menciptakan bad mood.

Tahun 2010 aku yang suka online di kompi dengan menggunakan modem. Mpe dibela-belain beli paket unlimited harian or 14 hari coz beli yang paket UL bulanan masih dirasa sangat mahal. Dan akhirnya beralih ke operator lain yang menawarkan paket UL bulanan dengan harga yang lebih murah. Dulu begitu betah duduk manis ber-jam2 ngutak-atik blog-ku sambil fb-an, ym-an, coz sayang sudah bayar pulsa mahal2.

Jadi ingat, tahun 2008 waktu pertama kali mengenal friendster, dulu bernarsis ria di sana. Membuat blog khusus di sana yang sekarang ga tau raib ke mana. Huehuehue.... blog-ku ikut ilang bersama ilangnya friendster dari peradaban. Klo ingat perjuanganku nulis, kalau ingat perjuangannku aplud foto dengan akses yang amat lemot coz sinyal yang seenaknya datang dan pergi Deeeuuuh.... Padahal klo dibukukan blog-ku sudah jadi sebuah novel....:D #lebai kumat.

Tahun 2009 kenarsisan beralih ke facebook. Sampai dengan tahun 2010, facebook masih terasa begitu menyenangkan. Benar2 membuat addict. Bentar2 apdet status. Deeeuuuh klo ingat. Terlalu lebai waktu itu. Benar2 pemborosan waktu dan pulsa. Mpe lewat tengah malem masih sibuk berbalas komen. Mpe kata salah satu temanku, aku tuh ga pernah tidur. Hahahaha.... Orang narsis ketemu orang narsis. Jadi deh facebook ga pernah sepi, 24 jam rame terus.

Tahun 2011, rasa bosan dengan facebook sudah mulai muncul. Padahal klo dipikir sekarang ini paket internet unlimited bulananku sangat mendukung untuk bernarsis ria dan sangat sayang klo tidak dimanfaatkan. Yah, tapi gimana lagi. Fb sekarang terasa tidak seseru dulu lagi coz sekarang rata2 sudah pada semakin sibuk, tidak sempat berbalas komen lagi. 

Paket unlimited sekarang ini sudah menjadi keharusan.Berani memutuskan memakai smartphone harus mau lebih boros mengeluarkan budget khusus untuk paket unlimited klo ga mau pulsa raib dengan begitu mudahnya tanpa kita sadar kita sudah menggunakannya. Itulah hebatnya smartphone yang terus saja mengakses tanpa kita sadari. Kecuali kita matiin data traffic. Matiin data traffic dengan alasan hemat pulsa dan baterai sama aja ga niat make smartphone. Hahahaha.......

Sekarang2 ini benar2 lagi males online. Biarpun ym online terus tapi coz ga pernah ym-an jadi suka tau2 sign out sendiri. Baru sadar saat ada yang protes message-nya kok ga dibalas. Harap dimaklumi aku tuh orang yang ga suka chat. Klo pas benar2 pengin chat aja baru chat. Ym buatku sama kayak sms. Klo ada yang kirim message, ya harap dimaklumi sesempet n semauku aja balesnya. Klo aku ngerasa itu penting n bener2 harus cepet dibales, baru kubales. Balesnya pun singkat. Kecuali lagi pengin mengarang indah baru deh kubalas beberapa paragraf.
Message2 pendek yang menanyakan kabar standar, ‘Lagi ngapain? Dah makan belum?, Dah bobok?, Selamat pagi, Selamat malam; sangat jarang kubalas. So yang suka sms2 pendek dan ga pernah kubalas harap maklum ya.
Aku sudah trauma dengan sms2 pendek dan jujur sangat malas membalasnya.
Penginnya klo nanya apa langsung to the point. Jangan terus nanya per pertanyaan per sekali kirim. Bener2 bikin cape. Klo udah nerima model sms gini, pada akhirnya berakhir dengan menggantung coz ga kubales. Satu pertanyaan dibales, akan muncul pertanyaan2 berikut yang ga kunjung berujung. Hohoho.... maaf. Selain ngabisin waktu juga ngabisin pulsa plus bikin bete. Xixixixi.....

Sekarang2 ini fb dan twitter sudah amat jarang kubuka. Fb masih mending lebih sering kubuka dibandingkan twitter. Sudah sangat jarang update status, aplud foto ataupun share link. Klo lagi bener2 butuh refreshing n waktu luang baru keluar narsisnya. Buka fb kebanyakan klo pas ada notif. Paling habis itu nge-view bentar, baca2 artikel yang pengin kubaca, nge-like foto, komen2 klo pas jahilnya lagi kumat. Hehehehe....

Saat kita benar2 membutuhkan informasi, internet unlimited ini baru terasa sangat membantu. Seperti saat temanku butuh info, ‘Kejar paket apa yang setingkat SMP?’, dengan cepat mas google membantuku. Juga waktu kita sedang di luar kota, saat kita sedang kebingungan, dengan cepat mas google akan mencarikan informasi yang kita butuhkan.

Tujuan lain paket unlimited ini biar kita irit pulsa. Sekarang2 ini sudah jarang sms-an. Wacap menggantikan tugas sms. Bernarsis ria, saling kirim foto sekarang2 ini lebih seru di wacap. Ngrumpi2 sekarang2 ini lebih suka di wacap. Lebih private n pesan lebih cepat nyampe coz hp bakal bunyi berisik. Alhasil bakal lebih cepet dapet respon.Tapi itu tadi, aku suka baru buka wacap saat pesan di group wacap keluargaku sudah ada 20, grup wacap kost-an sudah ada 40, grup temen2 deketku sudah ada 10. Maklum yang lain pada ga punya gawe jadi we pada lebih nyante n bikin ngiri.

Ya sekarang2 ini wacap yang lagi bikin kita2 fun. Bisa kirim2an foto, suara rekaman kita, juga kirim2an karakter yang kebetulan tersedia banyak. Klo lagi mendung, hujan atau panas, tinggal kirim gambarnya aja. Mau tidur tinggal klik zzzzzz, naik kereta api pun ada gambarnya. Dan yang bikin tambah seru, kita anak2 kost-an masing2 punya gambar hewan yang mewakili karakter kita. Dan tentu saja tidak boleh protes klo gambar hewannya dengan seenaknya kita2 yang memilihkan.
Kuda, onta, tikus ndesa, cacing, domba, babi, koala.
Dan yang paling membuat konjet ngamuk2 coz gambar kudanya ada 3 sendiri jadi tiap mengganggunya dengan mengirim 3 gambar kuda sekaligus.
‘Kenapa musti 3? Satu aja napa?’
‘Biar tidak ada iri dan dengki.’
Hahahahaha.......

Yayaya.... Sekarang lagi era wacap. Tahun depan era apa yaaaa..........

Kita tunggu saja. Biar para produsen yang pusing saling berlomba-lomba ga mau kalah, kita tinggal menikmati hasilnya dengan merogoh kocek sebanyak-banyaknya.
Hahahaha..... Nabung... Nabung......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar