Desember 21, 2012

BANDUNG-KU SEKARANG TAK SEPERTI BANDUNG-KU YANG DULU


21-12-12
Di hari yang diramalkan akan terjadi kiamat ini, aku pengin memposting sesuatu di blog-ku, sebagai bukti ke anak-cucu bahwa hari ini kiamat ga jadi terjadi..... :D
Menulis apa ya.....
Yang ada di pikiranku sekarang ya Bandung yang sangat macet. Uggggh......

Tahun 2003, ketika untuk pertama kalinya aku memutuskan untuk menetap di kota ini, mencoba mengamalkan ilmu yang telah kuperoleh di bangku kuliah ( bahasamu kui lho.... :D), Bandung waktu itu masih sangat ramah. Selama 3 bulan aku ke-mana2 naik angkot pun tidak masalah. Ga pernah kena macet. Telat mpe kantor itu bukan karena macet tapi karena angkotnya hobi ngetem lama. Jalan2 ke mana pun naik angkot tidak masalah coz tidak akan bikin stress di jalan. Waktu itu aku mpe apal rute2 angkot.

Menginjak bulan ke-4 karena aku ditempatkan ke kantor cabang yang letaknya rada jauh dari kos-ku, akhirnya aku mulai menggunakan motor. Waktu itu cewek make motor di Bandung itu masih merupakan sesuatu yang aneh. Tiap kali lewat, selalu aja jadi perhatian cowok2 ataupun bapak2 yang lagi nongkrong. Ga pernah lihat cewek naik motor apa ya.... Di jalan pun jarang ketemu sesama pemakai motor yang cewek.
Tiap kali servis motor atau ke bengkel atao cuci motor, selalu saja aku cewek sendiri. Awal2nya ngerasa aneh juga, tapi lama2 ya sudah bodho amat.

Belakangan setelah keluar motor matic, mulai banyak cewek2 yang make motor. Naik motor jadi lebih gampang, bikin makin banyak yang mau belajar naek motor. Ditambah semakin gampangnya kredit motor dengan hanya bermodalkan KTP, kita bisa kredit motor dengan DP yang sangat murah.
Sekarang2 ini, plat nomor di Bandung sudah sampai memakai 3 huruf di belakang nomor kendaraan. Yang artinya jumlah sepeda motor sudah sangat banyak. Bukan hanya motor, mobil pun jadi semakin tambah banyak.

Macet dan macet.
Tak hanya di dalam kota, di kabupaten pun sama aja macet.
Dulu Bandung cuma macet saat2 jelang hari raya Lebaran saja. Long wiken suka macet tapi macet yang masih bisa ditolerir.
Lha sekarang.... Ga pagi, ga siang, ga sore, macet terus. Klo pengin ga kena macet keluarlah setelah pk.8 malam. Tiap wiken sudah pasti macetnya akan semakin parah. Mana pengguna jalan tidak ada yang mau ngalah. Bener2 bikin stress di jalan.

Jarak tempatku ke kantor sekarang ini tidak terlalu jauh. Lewat jalan tembus yaitu terowongan bawah tol, 15 menit aku sudah bisa sampai ke kantor. Tidak kena lampu merah satu pun. Hahhaaha....
Tapi seminggu ini ga tau kenapa, tiba2 saja pagi2 tiap mau berangkat kerja, jalan yang biasa kulewati menjadi sangat macet. Harus rela keringetan dan stress di jalan. Harus bisa memaksa menerobos di antara mobil2 yang stuck klo ga mau telat mpe kantor. Ditambah semakin banyak yang memanfaatkan jalur alternatif lewat terowongan bawah tol. Hohoho... harus antree dan harus rela sabar menunggu ketika ada mobil yang berpapasan. Maklum jalannya sempit dan curam.

Sekarang bener2 jadi males ke mana2. Klo ga terpaksa harus pergi, mending duduk manis di rumah.
Belanja2 juga untung di deket kantorku ada banyak tempat belanja. Mau ke bank, juga ada banyak pilihan bank di kompleks kantorku.

Klo bener2 mau pergi, harus lihat2 jam. Hindari jam 7-8 pagi dan 5-6 sore di hari kerja. Itu jam2 padat merayap. Uh kok jadi ketularan Jakarta. Pernah, waktu itu aku mau berangkat koor, sekitar pk.18.40, aku kena macet stuck mpe 25 menit sendiri masih di jalan deket rumah. Hohohoho..... kalo niat mau datang koor emang mending langsungan dari kantor.

Hohoho.... Bandung.... Bandung.....
Sepertinya kemacetan lama2 akan menjadi hal yang biasa di Bandung biarpun sampai kapan pun aku tetap tidak akan terbiasa.
Ya sudah, mumpung belum jam 5 pulang dulu aja deh, biar ga kena macet lagi.... :D

# Ini sudah jam 5 sore lho. tak ada sesuatu pun keanehan yang terjadi di hari yang diramalkan bakal kiamat ini. Cuma tadi sempet dua kali hujan gedhe yang kayaknya klo kena kulit bakal sakit banget coz kecepatannya yg lumayan mpe suaranya ribut banget. 
Terbukti kan. Kiamat itu rahasia ilahi. Semua berada di bawah kendali-Nya. Biarlah semua berjalan sesuai rancangan-Nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar