Desember 02, 2012

GAS CADANGAN

Saturday, December 1, 2012

Niat awal menyimpan gas cadangan supaya klo malam2 gas habis tidak kerepotan, bisa langsung ganti. Aku dari dulu memang tidak pernah mencoba mengganti gas sendiri. Waktu kost aku pernah mencoba mengganti regulator gas. Tapi rasa ga yakin, melihat instalasinya yang tampak begitu rumit, yang membutuhkan tenaga ekstra, aku merasa tidak sanggup. Akhirnya aku minta Yatie yang masangin.

Sebelum babe pulang, aku sempat di-privat cara mengganti gas. Sepertinya aku bisa sendiri. Asal rapat pasti aman. Babe juga sudah nyimpenin beberapa karet merah buat cadangan klo2 suatu saat karetnya tidak rapat.
Kemarin aku pulang sudah malam. Malam yang sangat dingin coz hujan seharian ga brenti2 yang bikin beberapa ruas jalan banjir. Kuputuskan untuk mandi pake air anget. Karena mesin pemanas airku belum datang2 (padahal pesen juga belon, bilang aja klo ga punya :D), akhirnya buat bikin air panas seperti biasa merebus air pake panci. Kompor gas sudah kucoba kunyalain beberapa kali tapi tetep tidak bisa nyala. Kucheck regulator. Ohlala.... gasnya habis.
Akhirnya dengan rasa tidak yakin, aku coba mengganti gas sendiri.

Membuka segel tutupnya pun ternyata sangat sulit. Tenagaku tidak cukup untuk mengenyahkan segel plastik putih. Akhirnya pisau pun beraksi. Kulepas regulator dari tabung lama dan kupasangkan ke tabung baru. Tombol pengunci ga mau bergerak 180 derajat. Cuma bisa muter 90 derajat. Display regulator pun anteng di warna merah. Klo gas full kan harusnya bergeser ke warna kuning. Tiap regulator kuangkat, bau gas udah tercium. Akhirnya ku-telp lah minta suggestion. Menelepon babe n Week mailbox semua. Gangguan sinyal mungkin. Menelepon Dhex, yang kedua kali baru diangkat.

Caraku memasang sudah sesuai petunjuknya tapi tetap saja regulator ga mau terkunci. Karena hujan, tetangga2 sudah tutupan semua. Takut klo maksa masang sendiri gas malah bocor dan meledak, akhirnya jalan keluar satu2nya menelepon pesan gas lagi sekalian minta dipasangin. Beruntung orangnya masih mau mengantar gas malam2. Seperti biasa gas diantar oleh teteh2 yang punya tenaga super. Dia yang akhirnya memasangkan gasku. Aku jadi tahu ternyata permasalahanku adalah karet warna merah yang menghubungkan tabung dengan regulator kegedean. Ama tetehnya diambil kemudian diganti dengan karet dari tabung lama. Baru pas bisa terpasang rapat. Katanya beda regulator beda ukuran. Hadoooh... sudah setengah mati berusaha masang, kenapa ga kepikiran ke sana ya. Bodoh..... Hahhahaha....
Sepertinya percuma ya punya gas cadangan klo tidak bisa masang sendiri.
Tapi aku jadi punya pelajaran baru.
Semoga habis ini aku ga lupa pelajarannya dan besok2 bisa memasang gas sendiri.
Xixixixixixi........

4 komentar:

  1. beda regulator beda ukuran?
    bisa jadi ini yang bikin regulator gw ga bisa dipake nih, sampe2 gw harus ganti regulator.
    CATATAN PENDEK BLAZER HITAM

    CERITA MOBIL DATSUN

    CATATAN PENDEK PENULIS

    BalasHapus
  2. oh, nggak. tiap beli gas baru, karet merah di bawah tutup segel dari tabung yg lama diambil aja. bisa jadi ukuran karetnya yg ga sama. Aku sekarang koleksi beberapa karet merahnya. Klo pas ganti tabung regulatornya ga pas, tinggal ganti aja karet merahnya dengan karet dari tabung yg lama. Kadang regulatornya ga pas karena ukuran karetnya ga cocok.

    BalasHapus
  3. Katanya beda regulator beda ukuran
    berarti mesti beli regulator baru ya, padahal regulator sudah beli baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga kok. Regulator mah ukuran standar. Beli yang ada label SNI nya ya biar aman.

      Hapus