November 28, 2012

KISAH TJAP JAE


Aku suka makan tepung terigu goreng. Tentu saja bukan tepung terigu yang digoreng begitu saja. Tepung terigu yang sudah diolah ma bahan makanan yang lain. Klo beli pisang goreng, bala2 (bakwan), tahu isi, ayam goreng crispy, mendoan, dll gorengan, aku lebih suka memilih yang lapisan tepungnya tebel. Kadang suka diketawain penjualnya.
Kata mas penjual ayam crispy,’Orang lain mah milih yang daging ayamnya banyak. Lha teteh malah milih yang tepungnya banyak.’
Tahu aku suka tepung goreng, aku suka dikasih ekstra rontokan tepung goreng. Really.... like dhis...

Dan kemarin malam, saat aku beli mendoan gedhe - aku cuma kebagian 2 mendoan terakhir coz dagangan si Aak udah laris manis, kulihat ada sebaki penuh rontokan gorengan tepung mendoan. Spontan aja aku minta ke si Aak. Dan ama Aak yang sangat baik ini aku diambilin banyak2 mpe sekantong kertas penuh. Hahahaha.... senengnya.
Aku langsung bertekad akan kusimpan di kulkas dulu malam ini dan besok pagi2 dibikin tjap jae. Good idea.

Tjap jae ini banyak dijumpai di Jogja dan Jawa Tengah. Biasanya banyak dijajakan di pasar2 tradisional, dijual bersamaan dengan bakmi atau bihun goreng. Dimakan bersama-sama dengan bakmi atau bihun, dikasih sambel merah orange dikit, dimakan pake alas daun pisang. So yummmy.....
Terkadang juga masih dijumpai di nasi hantaran orang punya hajat.

Aku suka banget tjap jae. Dikarenakan di Bandung tjap jae ini sangat sulit dijumpai, aku cuma tahu ada satu penjual di daerah Sokaraja-Pasteur doank, di tempat penjual Bakmi Jawa; so klo pas lagi pengin, aku mau ga mau harus bikin sendiri.
Karena aku tidak telaten goreng-menggoreng, akhirnya aku memilih jalur cepat saja, membeli bakwan ( di Bandung disebut bala2 ), kemudian kupotong-potong, dibikin capcay. Dan sekarang ternyata ada jalur yang lebih ekspres dan lebih murah lagi. Minta rontokan gorengan mendoan klo pas beli mendoan. Tapi belinya jauh euy. Tidak semua penjual mendoan punya banyak rontokan tepung goreng. ;p

Dan pagi ini, kesampean ngebekel tjap jae rontokan mendoan. Hehehehe....

Ini dia tjap jae rontokan mendoan :D

Klo pengin tahu gimana cara bikin Tjap jae ala boentil, lihat resep ini ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar