November 27, 2012

TUJUH HAL YANG MEMBUATKU BAHAGIA


Monday, November 26, 2012

Terinspirasi dari nonton Hitam Putih hari Sabtu kemarin dengan bintang tamu Dian Sastro, akhirnya sekarang tiap malam sebelum tidur, kubiasakan menulis 7 hal yang membuatku bahagia hari ini. Dian Sastro tiap hari menuliskan 10 hal yang membuatnya bahagia hari itu. Aku, cukup 7 saja. Hal yang baik tidak salah kan untuk ditiru.

Tiap hari yang kita lewati, bahkan di saat hari terasa sangat buruk sekalipun, pasti ada terselip hal2 yang membuat kita bahagia. Itu yang seharusnya kita ingat dan kita syukuri jika ingin bisa hidup dengan bahagia. Hal2 yang menyedihkan tidak perlu diingat-ingat dan terlalu dipikirkan. Yang buruk biarlah berlalu. Kita bisa memetik pelajaran berharga dari itu. Hal yang baik, ada baiknya kita ingat dan kita tularkan ke orang lain. Kebahagiaan itu bisa menular. Jika kita bahagia, orang2 di sekeliling kita pun pasti akan ketularan bahagia. Melihat kita banyak senyum, orang lain pasti akan ikut tersenyum. Sebaliknya jika kita sering cemberut, banyak mengeluh, marah2 dan tampak murung, orang2 yang melihat kita pun akan ikut kena dampaknya. Suasana bakal jadi tidak nyaman.

Dan untuk saat ini, 7 hal yang membuatku bahagia belakangan ini:
1.     Melakukan apa pun yang pengin kulakukan
Bangun siang saat pengin bangun siang. Saat hari kerja, biar bisa bangun siang tanpa rasa khawatir, malam sebelum tidur sudah kusiapkan semua keperluanku di pagi hari. Untuk bekal makan siang di kantor, aku sudah menanak nasi dari malam, nanti sayur dan lauknya lebih baik beli biar aku ga terlalu kecapean nyuci peralatan masak.
2.    Tidak melihat apa yang tidak pengin kulihat, tidak mendengar apa yang tidak pengin kudengar
Kadang2 bersikap pengecut jika itu membuat kita lebih baik itu tidak salah kok.
Termasuk juga dalam hal ini, sekarang aku sangat menghindari nonton film horor. Takut jadi berimajinasi yang tidak2, akibatnya tidur jadi tidak nyenyak. Hahahaha....
3.    Menyapa dan tersenyum pada orang2 yang kutemui
Terutama di lingkungan baruku saat ini, masih banyak tetangga2 yang belum kukenal. Setidaknya jika berpapasan di jalan melempar senyum. Aku yakin suatu saat nanti akan lebih banyak lagi tetangga yang kukenal. Biar aku ga merasa terasing di sana.
4.   Berusaha menikmati rutinitasku
Harus sering menyapu, mengepel, me-lap2 coz saking banyaknya debu tidak lagi membuatku mengeluh coz tidak ada lagi yang bisa kujadikan tempat mengeluh kayak dulu waktu masih kost. :D. Semuanya kulakukan dengan kesadaran penuh bahwa aku memang harus mau melakukannya. Klo ga, nti aku bakal malu sendiri klo ada tetangga yang maen, rumah kotor dan berantakan :D
5.    Pengin makan ya makan, pengin tidur ya tidur. Ya, harus cukup makan dan harus cukup tidur.
Belakangan ini perutku sangat tidak bisa diajak kompromi. Bahkan tengah malam pun aku sering kelaparan. Dan saat perut perih tidak bisa diganggu gugat. So... aku sekarang harus sedia banyak makanan. Yang bikin heran, banyak makan tapi timbanganku ga juga beranjak naik. Suka yang kayak gini. Hahahaha....
Sekarang aku ga mau memaksakan diri untuk lembur mpe lewat tengah malem. Baik itu lembur kerjaan kantor ato lembur nonton korea... :D. Kurang tidur akan membuatku tidak fresh. Sedang kurang makan akan membuatku gampang marah. Biarpun tetep tidak bisa tidur 8 jam sehari, setidaknya sebelum jam 12 malam aku sudah harus beranjak tidur. Tidur pk.23.55 itu juga belum lewat tengah malam kan ya. Hahahaha....
6.    Bikin skala prioritas baik untuk kerjaan kantor ato kerjaan rumah.
Ya, aku harus disiplin ma list kerjaku biar saat akhir tahun tidak perlu sering lembur
Sekarang ini pekerjaanku di kantor kupilah-pilah dalam kotak terpisah. Mana yang harus jadi prioritas, mana yang masih bisa menunggu dan saat harus kukebut aku masih bisa mengejarnya. Bentar lagi sudah harus bikin annual report. Aku sudah harus banyak mencicil dari sekarang. Ga tau kenapa sekarang aku jadi lebih penakut. Saat2 sebelum maghrib klo tinggal sendiri di kantor apalagi jika di luar hujan, aku sering merasa merinding yang amat sangat yang memaksaku untuk segera kabur. Jadi ga perlu lembur sendiri dah. Hahahaha...
7.     Memiliki lebih banyak waktu buat diri sendiri.
Untuk sementara aku off dulu dari kegiatan2ku di luar kantor. Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk berkebun dan mengurus rumah. Banyak keluar rumah lebih berpotensi membuatku stress. Sekarang Bandung sangat macet, belum sering hujan gedhe, jalan becek dan banyak yang rusak. Jalan yang sejak dulu rusak belum dibenerin, sekarang ini rusaknya jadi semakin parah akibat sering tergenang air hujan.
Belakangan ini aku jadi tidak harus banyak bertoleransi karena aku sekarang tinggal sendiri. Merdeka, bebas berekspresi. Ga perlu rebutan kamar mandi, ga perlu rebutan dapur lagi. Masak2 sendiri, makan2 sendiri. Hahahaha....

Ya. Bahagia itu sederhana.
Hanya kita sendiri yang tahu apa yang bisa membuat kita bahagia.
Sudahkah anda merasa bahagia hari ini?

4 komentar:

  1. Setuju.
    Hanya kita sendiri yang bisa buat kita bahagia.
    Andil orang lain itu bumbu pelengkap saja.
    Hehehehe....

    BalasHapus
  2. Tapi kadang kadang bahagia kita menyebabkan orang lain susah itu bagaimana... hehehe

    BalasHapus
  3. Tapi kadang kadang bahagia kita menyebabkan orang lain susah itu bagaimana... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah asalkan susahnya ga yang membuat orang mpe nangis guling2 ya mungkin gapapa. hihi. ya kan bahagia baru ada klo pernah merasakan susah. Nanti juga orang lain itu juga akan menemukan bahagia dia.

      Hapus