Agustus 16, 2012

KUS KUS NASI BUNGKUS


Sejak awal memang sudah ada plan, mo pada bikin nasi bungkus. Rencana mo bikin hari Minggu 5 Agustus pagi untuk dibagikan pas jam buka puasa sore harinya. Setelah mengalami kejadian kemalingan pada 2 Agustus, jadi mikir dua kali, jadi ga nee bikin nasi bungkus, rasanya cape banget.
Mendengar komentar keluargaku di Yogya, katanya kehilangan itu coz kurang nyumbang, terlebih kata Week, ilang laptop berarti kurang nyumbang selama 4 taon... Hahahaha.... Akhirnya semua sepakat plan bikin nasi bungkus tetap berjalan.
Belanja2 dimulai Sabtu malam, pk. 19.30 baru berangkat dari kost, berempat, aku-etil-tiyut plus si kecil eem, kita pergi dengan naik angkot ke Yogya Kepatihan yang malam itu hari kedua diskon Lebaran fashion 20%, supermarket 5%. Dewot n Ebol menyusul kemudian.

Malam itu Yogya buka sampai pk.24.00. Suasana benar2 crowded. Mengingat kita membawa serta baby, akhirnya kita langsung saja ke area lt.4 ke supermarket. Si Eem yang doyan diajak jalan2, dia sama sekali tidak rewel. Eem yang selama di angkot tidur, dia jadi melek. Dia sangat menikmati ditaro di kereta belanjaan dorong. Matanya ke sana ke mari seneng liat aneka barang warna-warni.

Selesai belanja sekitar pk.21.30. Mengingat belanjaan yang amat banyak dan kita ada membawa eem yang mulai tampak kecapean, anak orang gitu lho, harus cepat dibawa pulang, kita segera pulang dengan naik taxi.

Masuk ke rumah sebentar untuk naro belanjaan, kita segera cabut lagi dengan naik motor menuju pasar andir yang memang buka di malam hari. Kondisi tangan surtiyut yang bengkak2 dan ga bisa ditekuk akibat gigitan nyamuk selama dinasnya di Lombok, akhirnya suretil bersedia naik motor di depan ngegoncengin surtiyut.

Horeeeee!!!! Suretil bisa naik motor. Sering2 ya til. Kalau pengin bisa harus mau sering2 naik motor.

Malam itu kali pertamanya aku berbelanja ke Pasar Andir.

Pasar tampak ramai dengan banyak penjual dan pembeli. Kita berjalan dari ujung ke ujung.

Mata ikut ijo lihat banyak sayuran hijau2 segar. Aku yang doyan banget sayuran, tangan gatel pengin beli ini, pengin beli itu. Surtiyut yang bentar2 ngomel2.

‘Ga usah. Nti juga cuma ga akan kemasak!’

Di sana memang pasar tempat kulakan. Jadi beli2 per item minimal ½ kg. Jadi klo mo masak banyak aja baru beli di sana. Ada beberapa pedagang yang berhasil kita bujukin supaya boleh beli cabe rawit ¼ kg, tomat 4 biji dan bumbu dapur 3 ribuan. Hehehehe.....

Rata2 susah ditawar. Tanya di sana-sini harga seragam. Sepertinya memang ada kesepakatan harga.

Selesai belanja sekitar pk.23.15. Kita segera pulang ke kost. Karena aku kelaperan, aku ngebungkus baso malang yang kebeneran nangkring di depan kost tiyut.

Malam2 makan baso anget2. Nyam... nyam.... nyam....

Keesokan pagi sekitar pk.09.00 kita mulai bersiap-siap masak.

Kertas bungkus nasi, sendok plastik dan karet kita dapat sumbangan dari Yatie. Konjet datang nyumbang Aqua cup 1 dus.

Masak rame2 biarpun cape tapi tidak berasa terlalu cape. Kita menggelar tikar di ruang tengah. Suretil dapat ide mengeluarkan tivinya. Jadi sembari motong2 sembari nonton tivi. Kebeneran acara di tivi acara masak memasaknya Farah Queen. Pass kan....

Suretil dan Konjet bertugas motong2. Karena mata tidak kuat menahan pedih saat memotong daun bawang, Suretil dan Surtiyut memotong-motong sambil memakai kacamata arale. Juga Konjet motong2 sambil make syal untuk menutupi jenongnya biar ga kelihatan saat difoto. Atau malahan untuk melindungi jenongnya dari uap nasi panas biar ga semakin tambah kinclong saat difoto. Hahahahaha...

Konjet juga spesialisasi di bagian pernasian. Mengukur air di beras yang akan dimasak itu bagianku. Yang lain pada ga mau takut nanti nasinya kurang air atau kelebihan air. Konjet bertugas mengangkat nasi yang matang dan mengipasinya supaya uap panasnya cepat ilang.

Aku dan Surtiyut kebagian jatah masak2. Aku yang hari itu lagi ga kut puasa coz aku hari Minggu ga boleh ikut puasa dan surtiyut yang lagi berhalangan, jadi kita yang kebagian jatah icip2. Mpe kenyang perut icip2 semua masakan mpe berkali-kali.

Kita mengandalkan 2 rice cooker ukuran 2 liter dan 1 ricecooker ukuran 1 liter. Nasi masak sampai 8x masak. Kira2 habis beras 7,5 kg. Dua macam sayur dimasak pakai 2 wajan yang masing2 2x masak.

Siangnya Dewot datang. Dia kebagian jatah bikin dadar telur. Dewot datang sambil membawa belanjaan pesanan kita.

Melihat jam sudah menunjukkan pk.15.15, cepat2 nasi dibungkusin. Aku n Tiyut ga kut bantuin bungkus coz masih punya tugas masak buat buka yang pada masak hari itu sekalian mengundang mang Dede yang saat itu masih melanjutkan tugasnya mengganti semua handle pintu untuk buka bareng kita.

Pk.17.15 semua beres sudah. Total nasi bungkus ada 66 bh. Sdangkan nasi masih sisa 2 rice cooker. Mau dibungkusin, kertas pembungkusnya sudah habis.

Melihat makanan di meja makan, menu buka kita hari itu. Hohoho.... banyak banget makanan. Kita makan besar. Perbaikan gizi yang jarang2 kita lakukan.

Pk.17.30, aku-etil, dewot-ebol, kita bertugas membagi-bagikan nasi bungkus. Kita berpisah arah. Dan seperti sebelum-sebelumnya kali ini aku dan etil sudah sampai di rumah saat azan berkumandang. Nasi bungkus kita langsung habis diserbu di daerah Pungkur. Ternyata di sana sekarang tiap sore banyak gelandangan yang pada mangkal.

Pk.19.30 setelah Dewot dan Ebol datang, kita baru makan bersama. Sangat kenyang.

Teman2 kost yang lagi pada mudik dan eks teman kost yang tahu kita pada bikin nasi bungkus pada pengin ikut nyumbang. Dan sekarang sudah terkumpul untuk bikin the next nasi bungkus. Tadinya mo bikin hari Minggu tgl 12 Agustus kemarin tapi coz banyak yg ga bisa bantu, akhirnya diundur jadi setelah Lebaran.

Terimakasih teman2 terimakasih semuanya.

Nanti habis Lebaran kita bikin nasi bungkus lagi yak.

Beras 5 kg, minyak kelapa 2 liter, bawang putih ¼ kg, kertas pembungkus-sendok plastik-karet dan sejumlah uang hasil sumbangan sudah menunggu untuk disulap jadi de next nasi bungkus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar