Mei 15, 2011

WABAH ULAT BULU

Wednesday, April 13, 2011

Hiiiiiii......
Lihat berita tv, ulat bulu mewabah di Probolinggo Jawa Timur membuatku dan teman2ku merinding. Ulat bulu di mana2. Ga bisa membayangkan klo pas tidur ternyata di tempat tidur juga ada ulat bulunya. Pas mandi, di kamar mandi banyak ulat bulunya. Duh, bakal gatal2 semua badan.
Moga2 ga sampe Yogya dan Bandung. Moga2 segera bisa diberantas.
Tetapi ternyata kemudian tahu dari berita tv juga, ulat bulu ini sudah sampai di Bekasi, Sumedang, Buleleng-Bali, Lombok, dan terakhir Garut. Hohoho... semakin dekat ke Bandung.
Dan olala.... kemarin Nur dkk pulang ke kost dengan hebohnya. Ternyata ulat bulu sudah menguasai salah satu pohon di depan kampusnya. Ow ow ow... sudah sampai Bandung. Dekat sekali dengan kostku.
Duh, semoga bisa segera diatasi. Semoga tidak sampe ke kostku.
Tidaaak.... tidaaak....

Tidak tahu kenapa bisa mpe kejadian ada wabah ulat bulu.
Ya, keseimbangan ekosistem memang benar2 sudah terganggu. Bahkan pergantian musim pun membingungkan. Di bulan April malah intensitas hujan cukup tinggi, banjir di mana2. Benar2 perubahan cuaca yang ekstrem.
Melihat ini semua kita memang harus introspeksi diri. Semua ini salah siapa?
Ya, akibat keserakahan manusia juga yang dengan seenaknya merampas habitat burung2 pemakan ulat. Penggunaan pestisida yang berlebihan yang berakibat ulat bulu malah semakin kebal dengan pestisida.
Semoga ini semua tidak berlangsung lama.
Aku yang suka dengan kupu2, sekarang malah berharap tidak melihat banyak kupu2 di lingkungan tempat tinggalku. Takut akan semakin banyak telur kupu2 yang menetas menjadi ulat bulu. Hiiiii....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar